Sat. May 28th, 2022

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pop display atau point of purchase adalah media penjualan yang diposisikan di dekat produk yang sedang dipromosikan. Sehingga, produk yang ditawarkan akan menarik minat konsumen.

Nah, untuk menarik perhatian konsumen agar membeli suatu produk tentunya kita membutuhkan beberapa kiat, salah satunya membutuhkan jasa cetak spanduk. Kira-kira apa saja ya kiat-kiatnya? 

Komunikasi Visual

Untuk meningkatkan penjualan, kita perlu banget memberikan informasi mengenai produk dan menyarankan pembeli untuk memilih produk tertentu. Nah, hal ini bisa kita lakukan dengan komunikasi visual yang terdiri dari papan tanda, grafik, efek panggung entah di toko maupun di jendela.

Pencahayaan 

Pencahayaan merupakan hal yang wajib kita perhatikan dalam pop display ini. Pencahayaan sendiri berfungsi untuk memberikan highlight pada produk dagangan. Selain itu, pencahayaan yang baik akan berpengaruh pada keinginan konsumen untuk berbelanja. 

Warna

Pemakaian warna yang menarik akan meningkatkan kesan ritel dan menciptakan suasana hati. Jadi, jika suasana hati konsumen membaik, tentunya minat konsumen untuk membeli produk semakin tinggi. Contoh pop display dengan warna yang menarik bisa kita lihat pada toko-toko smartphone, disana tersedia berbagai macam pop display yang menarik.

Musik

Pada umumnya, emosi konsumen memberikan dampak yang signifikan untuk membeli produk. Musik yang enak di dengar dan tidak membosankan tentunya akan berpengaruh terhadap emosi konsumen.

Diskon 

Jangan lupakan diskon jika kita ingin menarik minat konsumen. Siapa sih yang nggak tertarik sama potongan harga? Tentunya siapa saja pasti akan tertarik. Nah, tujuan dari diskon adalah untuk mendorong pembelian dalam jumlah yang besar, mendorong pembelian dilakukan secara kontan, dan mengikat pelanggan supaya tidak berpindah ke lain hati.

Nah, selain kiat-kiat diatas, tentunya penggunaan POP dalam jangka waktu tertentu juga akan berpengaruh terhadap minat konsumen untuk membeli produk tertentu. Kira-kira apa saja ya jenis point of purchase (POP) berdasarkan durasi penggunaannya. 

  1. Permanent Display

Jenis pop display yang satu ini bisa bertahan hingga beberapa tahun tetapi sangat jarang digunakan untuk brand besar karena kebanyakan dari mereka menggunakan promosi dalam waktu yang singkat.

  1. Temporary Display

Pop display ini hanya bisa bertahan dalam waktu singkat dan paling lama hanya sekitar dua bulan. Display ini bersifat musiman seperti diskon akhir tahun dll. Selain itu, display ini dibentuk dari bahan yang tidak terlalu mahal dan bentuknya yang sederhana 

  1. Semi Permanent Display

Display ini mampu bertahan hingga beberapa bulan hingga setahun. Display ini terbuat dari bahan yang lebih baik dan desain yang menarik. Selain itu, display ini juga dikenal sebagai secondari display atau off shelf display.

Sekian dan semoga bermanfaat ya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.