Thu. Apr 25th, 2024
bimbel

Masa pandemi korona memang banyak orang tua mengeluhkan kesulitan belajar anak mereka karena penguasaan materi yang tidak ada. Mungkin untuk beberapa orang tua dengan latar belakang jurusan mata pelajaran bisa membantu anak mereka belajar, lantas bagaimana dengan orangtua yang tidak memiliki penguasaan materi? Solusinya adalah dengan les bimbel, agar pelajaran dasar bisa masuk ke dalam pikiran anak – anak.

Inilah 5 keutamaan memakai les bimbel 

  1. Membantu siswa aktif

Tidak semua siswa mau belajar aktif untuk bertanya saat mereka berkumpul dengan teman sejawatnya. Rasa minder, malu menjadi sumber utama siswa mengalami kesulitan belajar karena dia takut diolok-olok atau diejek teman lain karena tidak bisa. Dengan masuk ke bimbel, anak akan menjadi lebih privasi karena jumlah peserta les maksimal 5 anak saja. Tutor atau pendidik akan lebih intensif dalam memberikan materi yang dianggap sukar. Sehingga, anak akan lebih aktif dan berani bertanya karena dirinya dianggap oleh guru dan teman lainnya sebagai posisi “saya belum tahu, mereka juga belum tahu”. 

  1. Membantu penguasaan materi

Bimbel membantu penguasaan materi 2 poin, poin pertama adalah mereka anak yang sama sekali tidak paham dan poin kedua adalah mereka anak yang 50% paham. Di les bimbel, semua materi akan diulangi dari awal dan tidak mengejar kurikulum harus selesai tepat waktu seperti pada saat di sekolah. Tutor yang mengajar juga lebih bersikap ramah, sahabat, dan tidak terlalu formal. Efeknya, si anak akan mendapatkan suasana belajar lebih santai serius tapi tidak menekan. 

  1. Metode pendekatan pas 

Metode belajar di bimbel menggunakan pendekatan yang pas sesuai dengan tujuan karakter anak. Untuk anak dengan tingkat kecerdasan 40% tutor akan memberikan sebuah pendekatan belajar yang lebih ekstra dengan latihan soal dan pemahaman berulang. 

  1. Terdapat cara penyelesaian soal tepat 

Soal yang guru sekolah berikan dan dianggap sulit bisa dibawa ke tutor bimbel dan diselesaikan bersama. Intinya, tutor akan memberikan cara tepat dan terbaik dari segala model pemecahan soal. Tujuannya agar siswa tahu dan paham. Banyak model soal yang tutor berikan guna melatih siswa mengenal soal-soal era lanjutan (olimpiade). 

  1. Menemukan bakat anak

Bakat anak akan muncul ketika mereka menyukai total salah satu atau beberapa bidang ilmu. Bimbel tak hanya memberikan solusi soal pelajaran saja tapi kami juga memberikan alternatif lain yang berhubungan dengan mapel sekolah. Contohnya, jika siswa suka dengan komputer maka bisa ikut les komputer selain les mapel. Bakat siswa tercipta tidak hanya 1 jurusan saja tapi bisa banyak talenta. 

Les bimbel membantu anak yang memiliki kesulitan belajar agar bisa memecahkan masalah, nilainya tidak turun serta menjadi teman terbaik dalam belajar. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.