Tue. Apr 16th, 2024

Beberapa orang akan merasa sedikit asing ketika mendengar kata IB. IB sendiri merupakan singkatan dari international baccalaureate merupakan sekolah dunia yang memiliki komitmen untuk aktif. Pendidikan lintas budaya ini juga lebih kreatif dan sangat memungkinkan penerima ijazah sekolah menengah IB agar dapat belajar di universitas seluruh dunia. Tujuan didirikannya pendidikan berbasis ib ini yaitu untuk menciptakan orang dewasa yang dapat bertanggung jawab dan sadar sosial untuk menggunakan pendidikan lintas budaya dan dapat mempromosikan perdamaian di seluruh dunia. Bahkan saat ini sekolah IB menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan program IB ini sudah dapat ditemui di sekolah swasta dan negeri. Bahkan saat ini, ada les IB yang akan membantumu jika merasa kesulitan mengikuti program IB di sekolah. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mengikuti program les IB ini. 

Beberapa pertimbangan untuk mengikuti program les IB

  1. Mempertimbangkan gaya belajar. Apabila kamu ingin bersekolah di luar negeri seperti Amerika, Australia, Inggris dan selandia Baru kamu akan dapat menerapkan pembelajaran dengan sistem IB, A level dan IGCSE (International General Certificate of Secondary Education). Lalu, gaya belajar yang dimaksud yaitu. Ketika kamu mengambil sistem IB ini, biasanya kamu akan diharuskan untuk mengambil enam mata pelajaran dan tiga bagian pembelajaran. Sedangkan untuk kurikulum IGCSE kamu hanya dapat memilih lima sampai enam mata pembelajaran. 
  2. Mempertimbangkan bahasa Inggris. Hal ini juga diharuskan untuk dapat menguasai bahasa Inggris. Karena selain dapat diterapkan dalam percakapan sehari-hari, kamu akan diminta untuk membuat banyak artikel atau esai dalam bahasa Inggris.
  3. Mempertimbangkan keinginan sekolah untuk anak. Orang tua sangat penting untuk mempertimbangkan dan menilai pilihan universitas yang akan dituju oleh para siswa. Karena hal itu yang akan memberi tahu orang tua mengenai kualitas pendidikan yang akan diterima oleh anaknya.  

Program yang ditawarkan pada kurikulum IB

  1. Primary years programme. Program ini biasanya akan diberikan kepada anak yang berusia 3-12 tahun. Dan memberikan program pembelajaran terdiri dari 6 subjek yaitu bahasa, pembelajaran dalam hal sosial, matematika, seni, sains dan karakter pada individu masing-masing. Dalam program ini juga diterapkan edukasi fisik atau olahraga. Adanya sistem ini memiliki tujuan agar siswa lebih aktif dan memiliki sifat peduli serta dapat menghormati orang lain.
  2. Middle years programme. Pembelajaran ini biasanya ditujukan untuk anak umur 11-16 tahun. Program ini bertujuan untuk mengenali ketertarikan anak dan akademik menjadi praktik yang nyata.
  3. Diploma programme. Ditujukan kepada anak usia 16-19 tahun. Program ini biasanya ditujukan untuk mempersiapkan siswa agar dapat masuk ke universitas. 
  4. Career related program. Program ini memiliki fokus pada karir anak di masa depan. Agar dapat mengikuti program ini, biasanya harus sudah bisa menyelesaikan minimal 2 kurikulum IB dan DP course. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.