Sat. Apr 27th, 2024
kompor induksi bagus

Bertambahnya jenis kompor modern menambah daftar panjang peralatan dapur yang menggoda untuk dicoba. Telah teruji bahwa kompor induksi bagus untuk kebutuhan masak sehari-hari dengan fitur lebih terbarukannya.

Namun, ada beberapa mitos yang mengikuti kehadiran kompor modern ini. Apa sajakah?

Mitos Seputar Kompor Induksi

Kompor induksi adalah jenis kompor baru yang mengusung kumparan tembaga sebagai media penghasil panas. Elemen keramik atau kaca pun ditambahkan sebagai permukaan penghantar sekaligus nilai estetikanya.

Apabila Anda berencana membeli kompor tersebut, kenali mitos yang menempel seputar kompor induksi antara lain :

  • Butuh alat masak “spesial”

Bisa benar dan salah. Tetapi, alat masak yang “spesial” tidak diwajibkan. Pasalnya kompor ini hanya butuh sifat magnetik sebagai pemanas yang dapat Anda temukan pada stainless steel, panci berlapis keramik, cast iron, dan carbon steel.

Magnet tak dapat menempel pada aluminum, tembaga, atau kaca. Jadi Anda tak perlu mengganti seluruh peralatan masak yang ada, cukup cek apakah magnet bisa menempel pada panci dan wajan.

  • Ada suara berdenging

Mitos satu ini benar, ada sedikit suara denging ketika kompor dinyalakan dan semakin kencang ketika Anda menggunakan panci berbobot ringan, akan tetapi hal ini tak jadi masalah besar.

  • Termometer tak berfungsi

Benar, beberapa masakan yang butuh bantuan termometer permen atau termometer gorengan seringkali memberikan angka yang salah. Hal ini disebabkan kompor mengenalnya sebagai permukaan pemanas dan langsung memancarkan panasnya.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa beralih ke termometer tembak.

  • Mengganggu fungsi kamera dan ponsel

Bagi Anda yang suka membuat konten memasak tak perlu khawatir akan mitos kompor mengganggu fungsi kamera dan ponsel.

  • Buruk bagi kesehatan

Mitos satu ini tentunya salah besar. Walau kompor induksi punya sifat elektromagnetik, akan tetapi tingkatnya sangatlah rendah dan tak akan berdampak pada kesehatan penggunanya.

  • Sangat panas

Benar bahwa kompor induksi punya daya panas yang besar, namun hal ini wajar dan tidak menimbulkan hawa panas di sekitarnya.

Penutup

Itu dia mitos seputar kompor induksi bagus yang beredar di masyarakat. Sama halnya seperti kompor konvensional atau listrik, kompor ini tetaplah punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri yang masih bisa diterima.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.