Sat. May 28th, 2022
orang yang sedang belanja online

Semakin berkembangnya jaman segala sesuatunya juga kian canggih dan memudahkan dalam banyak pekerjaan. Kemudahan inilah menjadi suatu anugerah bagi tiap manusia.

Sama halnya dalam dunia bisnis, penerapan teknologi dalam setiap aktivitas menjadi syarat wajib di era sekarang demi melancarkan segalanya dan mampu meningkatkan produktivitas.

Penggunaan WMS Dalam E-Commerce

Apakah Anda pernah penasaran bagaimana cara sebuah perusahaan e-commerce melayani dan meng-handle setiap pesanan yang melonjak ketika festival belanja bulanan tiba? Seperti apakah caranya?

Mungkin bagi sebagian orang belum tahu tentang ecommerce warehouse management yang kini banyak diterapkan oleh perusahaan atau bisnis tertentu.

Sistem tersebut yang telah ada sejak ratusan tahun lalu masih dipergunakan di jaman sekarang demi memudahkan dalam hal pergudangan.

Setiap perusahaan e-commerce pasti mempunyai gudang besarnya sendiri untuk penyimpanan barang dari supplier dan seluruh aktivitas transaksi biasanya dilakukan di sana dengan bantuan teknologi.

Awalnya, barang yang datang akan langsung dilacak dengan diberikan barcode, serial number atau identitas lainnya demi memudahkan dalam input data. Kemudian ketika pesanan masuk barang akan diambil untuk segera diproses.

Barang yang telah diambil tersebut akan otomatis merubah stok yang ada pada sistem, selanjutnya tinggal proses pengemasan dan pengiriman menggunakan ekspedisi kepada konsumen. Sistem ini mempercepat pekerjaan di gudang.

Dari semua barang yang begitu banyaknya akan jauh lebih mudah terlacak dan terdata dengan warehouse management system tanpa adanya kesalahan dibandingkan cara konvensional.

Meski semuanya telah menggunakan teknologi, akan tetapi tak jarang masih terjadi kendala ketika terjadi lonjakan pesanan yang mengakibatkan pesanan konsumen sedikit terlambat dan ini dapat dibilang hal yang wajar terjadi.

Keuntungan Bagi Perusahaan

  1. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Berbelanja online dijadikan pilihan di masa kini karena kita tak perlu keluar rumah dan hanya perlu melakukan pemesanan lewat aplikasi. Konsumen pasti ingin barangnya dapat sampai tepat waktu.

Sehingga penerapan sistem WMS dipercaya mampu meningkatkan kepuasan konsumen karena seluruh proses akan dilakukan secara cepat.

  1. Reputasi terjaga

Banyaknya kendala seperti pengiriman yang terlambat tentu akan berpengaruh pada reputasi perusahaan, maka dengan ecommerce warehouse management diharapkan mampu mengatasi terjadinya kendala.

  • Meningkatkan Produktivitas Kerja

Hadirnya teknologi mampu meningkatkan produktivitas kerja, pekerjaan yang biasa dilakukan oleh banyak orang kini bisa dialihkan kepada pekerjaan lainnya sehingga akan semakin produktif dan efisien.

  1. Mengurangi kerugian

Pada perusahaan yang menjual produk mudah rusak atau kadaluarsa, WMS bisa membantu dalam mengurangi kerugian dengan adanya pencatatan kapan masuk dan keluarnya barang ke gudang.

Dari data tersebut perusahaan bisa menyeleksi barang mana yang harus lebih dulu dijual kepada konsumen agar tidak terjadi kerugian meski jenis barang yang dijual mudah rusak.

Ecommerce warehouse management ternyata memberikan keuntungan bagi pihak perusahaan dan konsumen. Ingin coba menggunakannya?

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.