Fri. Apr 19th, 2024
Ilustrasi website online

Apakah Anda berencana memulai bisnis online? Tentunya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan mulai dari pemilihan produk, promosi, hingga penjualan. Dari semua itu, Anda juga perlu membuat website toko online menggunakan CMS toko online agar transaksi dengan customer bisa lebih mudah, apalagi bisnis online yang sudah memiliki website bisa meningkatkan kepercayaan customer.

Apa itu CMS?

Content Management System atau biasa disebut sebagai CMS, merupakan platform online yang bisa Anda gunakan untuk membuat website, baik website personal, website perusahaan, maupun website toko online. CMS ini adalah alternatif paling tepat yang sangat mudah digunakan, terutama bagi Anda yang tidak terlalu paham dengan bahasa pemrograman dalam pembuatan website.

Dilengkapi dengan berbagai alat dan fitur yang canggih, serta manajemen file yang terstruktur, CMS toko online benar-benar memudahkan Anda membuat platform untuk toko online sehingga bisnis online Anda semakin dikenal oleh masyarakat. Terdapat beberapa macam CMS yang bisa Anda pilih untuk membuat website toko online tersebut, diantaranya adalah WordPress, Joomla, Opencart, dan PrestaShop. 

Manfaat Content Management System

Selain menyediakan fitur yang memudahkan Anda mengatur website agar terlihat lebih rapi dan terstruktur, ternyata masih ada banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan saat membuat website menggunakan CMS, terlebih untuk website toko online, di bawah ini dijelaskan beberapa manfaat tersebut,

  1. Efisiensi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa pembuatan website menggunakan CMS ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Kemudahan tersebut bisa Anda dapatkan bahkan dimulai dari awal proses instalasi, kemudian proses pembuatan website toko online, hingga pada proses maintenance website tersebut. Semua prosedur bisa Anda ikuti tanpa ada kesulitan yang berarti.

  1. Skalabilitas

Agar website bisa difungsikan dengan baik, Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur yang telah disediakan oleh platform CMS, fitur-fitur tersebut bisa dengan mudah Anda tambahkan ke website toko online sesuai dengan kebutuhan website Anda. Tentunya kehadiran fitur tambahan tadi juga bisa memberikan fungsi tambahan pada website tersebut.

  1. Menyediakan template dan desain

Selain itu, platform CMS juga memungkinkan Anda untuk mengubah template dan juga desain dari website yang dibuat. Anda bisa membuat template sendiri, atau bisa juga mengunduh template dan desain yang berbayar dari orang lain.

  1. Cocok untuk kolaborasi

Tentunya ada banyak bisnis online yang tidak hanya ditangani oleh diri sendiri, melainkan juga bekerjasama dengan pihak lain, oleh karenanya website yang dibuat juga harus bisa dikelola oleh banyak orang. Dengan menggunakan platform CMS, Anda bisa mewujudkannya dengan mudah, hal ini dikarenakan Anda diberi kebebasan untuk memberikan beberapa hak akses ke user yang lain.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan platform CMS toko online untuk kemajuan bisnis online Anda.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.