Sat. May 28th, 2022
produsen baja ringan

Cara pemasangan atap baja ringan sebenarnya tidak terlalu rumit, hanya saja memang memerlukan persiapan dan juga perhitungan yang tepat dari pembeli maupun produsen baja ringan. Bukan hanya digunakan pada bangunan utama, tetapi baja ringan juga digunakan untuk membuat atap kanopi pada terasa maupun halaman rumah. 

Persiapan untuk Pemasangan Atap Baja Ringan

Walaupun Anda menggunakan produsen baja ringan terbaik bila cara pemasangannya salah itu akan sia – sia saja. Jadi sebelum Anda memasang baja ringan untuk digunakan pada atap rumah maka persiapan terlebih dahulu hal – hal berikut ini :

1.Menghitung Kebutuhan dari Atap Baja Ringan 

Sebelum melakukan pemasangan pagar baja ringan dan juga atap baja ringan, Anda harus mengukur kebutuhan atap baja ringan terlebih dahulu. Caranya adalah hitung volume atap rumah dan baru membuat gambar kerjanya. 

  1. Membuat Struktur Pendukung 

Selanjutnya, Anda harus melakukan proses pemasangan yang juga meliputi pembuatan struktur pendukung berupa kolom agar posisi rangka pada atap baja ringan lebih stabil. 

  1. Menghitung Luas Lahan yang Akan Ditutupi

Hitunglah luas lahan yang nantinya akan ditutupi atap terserah sesuai dengan kebutuhan. Perhitungan Panjang x Lebar di kawasan ini nantinya juga sangat penting untuk bisa memperkirakan pemasangan kuda – kuda di antara setiap kanopi. 

Pastikan tiang pada kanopi tidak terlalu tinggi, kira – kira 3 – 4 m, rangka baja yang akan dipasang pada tiang tersebut harus berdampingan dua lapis dengan tegak lurus, satu di bagian kiri dan lainnya di bagian kanan agar kuat untuk menopang bobot atap. 

  1. Hitung Kemiringan Atap Baja Ringan

Ukuran luas dari atap dan juga tingkat kemiringannya secara akurat, kemiringan yang nantinya dianjurkan antara 25 – 30 derajat agar air hujan tidak menggenang pada atap dan bisa langsung mengalir. Untuk baja ringan jenis yang pendek tetapkan jarak 60 cm di antara satu reng dengan yang lainnya. 

  1. Melakukan Perhitungan Jumlah Beban

Jangan lupa untuk melakukan perhitungan jumlah beban supaya bisa menentukan kekuatan kuda – kuda. Kuda – kuda ini harus terpasang dengan kuat dan stabil, dilengkapi dengan menggunakan angkur pada kedua tumpuannya. 

  1. Mempersiapkan Peralatan Kerja

Anda juga harus mempersiapkan peralatan yang nantinya diperlukan yaitu baja ringan atap, bor listrik, reng, baut reng, gunting khusus baja ringan, baut baja ringan, penggaris siku dan meteran. Jangan lupa untuk selalu memakai alat pelindung diri seperti sarung tangan, kacamata dan juga helm untuk keselamatan kerja. Selain itu, perhatikan prosedur keselamatan bekerja pada ketinggian saat akan memasang rangka atap dari produsen baja ringan. Pakai full body harness maupun safety belt jika dibutuhkan agar nantinya Anda lebih terlindungi dengan baik.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.