Tue. Apr 23rd, 2024
Ilustrasi kehamilan

Jika Anda sedang melakukan program hamil, maka diperlukan sebuah aplikasi kalender haid atau masa subur sebagai petunjuk untuk mendukung program tersebut. Mengikuti zaman yang sudah memasuki dunia digital, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan sebagai kalender masa subur dan bisa didapatkan dengan cara gratis maupun berbayar hanya dengan cara mengunduhnya pada playstore untuk gadget berbasis Android.

Pilihan Aplikasi Kalender Kesuburan

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa ada banyak tersedia pilihan aplikasi kalender haid atau masa subur sekarang ini. diantaranya adalah:

  1. Glow

Pertama kali adalah aplikasi glow, yaitu sebuah aplikasi prediksi kesuburan dengan membantu menandai tanggal-tanggal kesuburan tersebut. Caranya hanya perlu memasukkan data mengenai tanggal menstruasi Anda pada tempat yang sudah ditentukan serta suhu tubuh Anda. Kelebihan aplikasi ini bisa memberi tanda pada tanggal-tanggal yang berpotensi tinggi untuk baby making atau reproduksi.

  1. Ovia

Selanjutnya adalah Ovia, dapat diketahui dari namanya yang mengambil dari kata ovum atau Ovulasi yang artinya sel telur pada wanita. Aplikasi ini  merupakan satu-satunya aplikasi yang gratis dari semua aplikasi, hanya dengan mengunduhnya. Yang menguntungkan dari aplikasi ini adalah kemudahan dalam sinkronisasi data. Bahkan menariknya, dengan aplikasi ini Anda dapat melacak hal-hal lain yang tidak terlalu berhubungan seperti jadwal tidur, suasana hati, olahraga dan juga makanan yang dikonsumsi.

  1. Flo

Jenis aplikasi yang bernama flo merupakan bentuk aplikasi yang tidak berbeda jauh dengan alat pendeteksi atau pelacak kesuburan lainnya. Yaitu, aplikasi yang bisa melakukan prediksi masa subur melalui prediksi datang bulan (menstruasi) Anda. Selain prediksi datang bulan, juga terdapat prediksi ovulasi dan masa subur secara akurat.

  1. Clue

Aplikasi kalender haid atau masa subur ada juga yang bernama clue, dimana aplikasi ini dibuat oleh American College of Obstetricians and Gynaecologist. Sifatnya memudahkan bagi para calon ibi untuk memprediksi masa-masa kesuburan tersebut melalui tanggal menstruasi yang sudah tercatat. Cukup mudah untuk menggunakannya, tetapi juga hasilnya pun cukup akurat untuk mengatur program kehamilan Anda.

  1. Natural Cycles

Jangan lupakan juga aplikasi yang bernama Natural Cycles atau bisa disebut juga siklus alami. Yang merupakan sebuah aplikasi mengikuti siklus alami pada wanita. Siklus tersebut adalah dimulai dari siklus menstruasi atau datang bulan hingga siklus masa subur dan terus berputar.

Kalender Kesuburan Manual Konvensional

Pada dasarnya tanpa aplikasi kalender masa subur secara digital khusus untuk menghitung masa subur, Anda bisa melakukan hal tersebut dengan manual yang konvensional. Karena, semua wanita pasti sudah mengetahui tanggal pasti bulanannya. Hanya perlu sedikit informasi mengenai masa subur, maka Anda sudah bisa melakukan prediksi sendiri kapan tanggal masa subur tersebut. Yaitu, diketahui bahwa masa subur seorang wanita adalah tepat pada hari pertama selesainya menstruasinya pada minggu pertama. Dengan begitu, Anda pun bisa melakukan program hamil pada tanggal-tanggal tersebut.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.