Tue. Jul 5th, 2022
ilustrasi baja

UNP galvanis merupakan jenis baja ringan yang terkenal sangat kokoh dan tahan lama. Meskipun material utamanya besi, UNP galvanis tahan korosi, tidak seperti sifat besi pada umumnya yang mudah berkarat. Hal ini dikarenakan adanya material seng yang melapisi besi tersebut, sehingga Anda tidak perlu khawatir berkarat jika akan menggunakan material ini. 

Kelebihan UNP Galvanis

Sebelum membelinya di tempat jual UNP galvanis, penting untuk mengetahui terlebih dahulu kelebihan dari jenis baja ringan ini. Simak penjelasannya berikut.

  1. Kemampuan daktilitas yang tinggi

Daktilitas merupakan kekuatan besi dalam menghadapi simpangan pasca elastik dengan daya besar berkali-kali. Besi UNP galvanis memiliki daktilitas cukup tinggi, yang membuatnya tidak mudah memuai saat menopang beban yang berat.

  1. Mudah dibentuk

Besi UNP tergolong ke dalam jenis besi yang mudah dibentuk dan dipasang. Karakternya yang ringan dapat memudahkan pekerja saat mengaplikasikannya pada konstruksi apapun, sehingga lebih menghemat waktu.

  1. Lebih hemat

Jika Anda ingin mencari besi untuk bahan konstruksi yang lebih hemat, maka UNP galvanis dapat menjadi solusi yang tepat. Karena sifatnya yang tahan korosi atau karat, Anda tidak perlu lagi mengganti besi UNP secara berkala. Pada instalasi besi ini pun tidak memerlukan papan untuk tiang beton, sehingga anggaran pembangunan Anda dapat lebih hemat.

  1. Ramah lingkungan

Selain harga UNP galvanis yang terjangkau sesuai dengan kualitasnya, besi ini juga lebih ramah lingkungan, karena dapat dipakai berulang kali dalam waktu yang cukup lama. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan mengotori lingkungan dengan membuang banyak besi berkarat.

Aplikasi UNP Galvanis

UNP galvanis bisa diaplikasikan di berbagai konstruksi bangunan. Dengan kelebihannya yang tahan korosi, mudah dibentuk, dan kokoh menjadikan besi ini banyak dipilih sebagai bahan material untuk bagian konstruksi yang krusial. Berikut ini adalah beberapa aplikasi UNP galvanis.

  1. Konstruksi jembatan

Besi UNP banyak digunakan pada konstruksi jembatan yang tidak terlalu besar, seperti di kawasan pedesaan. Adanya rongga pada besi tersebut dapat diisi dengan beton yang dapat membuat cengkeramannya lebih kuat. Namun, sayangnya UNP galvanis belum bisa digunakan pada konstruksi jembatan besar, karena berisiko goyah jika terkena tekanan air dari bawah secara terus-menerus.

  1. Konstruksi saluran air

UNP galvanis juga banyak digunakan untuk membuat saluran air di rumah-rumah maupun pada bangunan yang lebih besar. Biasanya besi ini digunakan untuk menyalurkan air hujan dari genteng menuju ke saluran pipa hingga air turun ke bawah.

  1. Konstruksi atap

Besi UNP sering digunakan untuk menutup atap rumah atau bangunan lainnya. Hal ini dikarenakan besi UNP dinilai dapat memberikan perlindungan ke material lain di bawahnya, sehingga membuat konstruksi bangunan atap lebih awet.

  1. Purlin

Purlin adalah rangka atap memanjang, yang dipakai untuk menopang material lain di atasnya. UNP galvanis juga sering digunakan untuk ini karena memiliki cengkraman yang kuat.

Itulah kelebihan dan kegunaan dari UNP galvanis. Sebelum memilih besi ini sebagai bahan material bangunan, pastikan Anda memahami karakteristik dan kegunaan dari besi ini untuk memanfaatkannya secara maksimal.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.