Thu. Apr 25th, 2024
bimbel kimia

Anda memiliki bakat dalam pelajaran kimia? Tidak ada salahnya untuk membagi ilmu Anda dengan cara mengajar. Sebab pelajaran Kimia merupakan salah satu pelajaran yang menantang bagi beberapa murid.

Supaya bisa berbagi ilmu, Anda bisa mencoba untuk mengajar secara privat maupun di tempat bimbel Kimia.

Namun sebelum mencoba mengajar kimia, Anda perlu tahu terlebih dahulu trik untuk menjadi guru kimia supaya materi yang Anda sampaikan dapat diserap dengan baik oleh murid Anda nantinya.

Berikut beberapa trik untuk menjadi guru kimia.

  • Materi Ajar

Hal paling penting yang perlu Anda ketahui sebelum menjadi guru kimia adalah Anda perlu mengetahui materi yang akan Anda ajarkan. Hal ini akan membantu Anda ketika membuat persiapan untuk mengajar.

Tempat bimbel umumnya telah memiliki jadwal materi yang akan disampaikan namun jika Anda adalah guru privat, jangan lupa untuk memastikan materi apa yang dibutuhkan oleh murid Anda.

  • Contoh yang Menarik

Bagi sebagian orang, belajar dengan hanya mendengarkan penjelasan bisa membuat mereka merasa bosan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menyiapkan contoh yang menarik supaya dapat menimbulkan semangat murid untuk belajar.

Disarankan bagi Anda untuk mempersiapkan contoh menarik sebelum mulai mengajar, selain memberi efek untuk murid, hal ini akan memberi efek positif bagi Anda yaitu perasaan siap untuk mengajar.

  • Kendalikan Mood

Sebagai manusia, Anda tentu memiliki saat dimana perasaan Anda sedang tidak baik. Namun yang perlu Anda ingat adalah sebagai guru, Anda perlu mengendalikan mood tersebut.

Jangan sampai mood Anda ikut mempengaruhi suasana murid yang harusnya semangat dalam belajar menjadi kurang.

  • Memperhatikan Situasi Murid

Hal yang paling perlu untuk Anda ingat sebagai guru adalah murid memiliki situasi yang berbeda-beda. Akan ada murid yang semangat ketika belajar kimia dan cepat memahaminya. Namun tidak mustahil Anda akan bertemu murid yang kurang antusias atau merasa kesulitan ketika sedang mempelajari kimia.

Sehingga penting bagi Anda untuk memastikan murid mengerti materi pelajaran kimia yang Anda sampaikan. Jika Anda mengajar di tempat bimbel kimia , Anda bisa melakukan tes kecil atau sekedar review kecil sebelum memulai pelajaran baru. 

Jika Anda mengajar secara privat, Anda bisa bertanya tentang pelajaran kimia yang diterima murid disekolah untuk mengetahui sejauh apa yang dipahami murid Anda.

Disarankan untuk lebih fokus kepada paham atau tidaknya murid terhadap materi yang Anda sampaikan.

  • Bersikap Tenang 

Sikap lain yang perlu Anda miliki ketika akan mengajar kimia adalah tenang, sikap tenang Anda bisa memberi pengaruh kepada murid Anda untuk juga ikut merasa tenang. 

Dengan bersikap tenang, Anda juga bisa menyampaikan materi sesuai dengan apa yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.

Itulah beberapa trik untuk menjadi guru kimia. Baik itu di tempat bimbel kimia maupun secara privat, ingatlah untuk selalu bersikap tulus ketika mengajar.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.