Tue. Jul 5th, 2022

Saat beli mobil, Anda pasti berpikir menimbang akan beli mobil baru atau mobil second. Aspek pertimbangan ini pasti terkesan mudah bagi banyak orang. Saat uang cukup, lebih baik beli mobil baru saja? Bagaimana jika uang tidak cukup dan memutuskan kredit mobil bekas, apakah hal ini berbeda?

Bagi Anda yang ingin tahu pertimbangan – pertimbangan apa saja yang umumnya pengaruhi individu untuk ambil kredit mobil bekas atau tidak, mari bahas bersama pada artikel berikut ini:

Situasi Pasar Mobil

Pertimbangan beli mobil kredit pasti dipengaruhi situasi pasar mobile pada waktu itu. Entah kondisi harga yang sedang naik, masalah inflasi, peraturan pemerintah baru seputar kredit kendaraan ataupun dalam kondisi resesi yang sebabkan harga mobil baru dan bekas jatuh, semuanya pasti mempengaruhi pilihan belanja mobil.

Jika ingin aman beli mobil, pastikan situasi pasar sedang stabil dan kondusif. Di pasar second, harga jauh lebih stabil dibandingkan mobil baru pada umumnya. Namun, Anda tetap harus memilih produk bekas yang terkadang sulit dinilai kondisinya.

Ketersediaan Mobil Bekas yang Masih Bagus

Sekarang ini, mobil bekas dengan kondisi bagus mulai umum ditemukan. Ketersediaan ini bisa berubah saat kondisi industri otomotif tidak sehat. Di era 2014 dan 2015, mobil – mobil bekas yang bagus sangat jarang ditemukan. Sekalipun ada, harganya bisa sangat mahal.

Jika dalam situasi ini, Anda lebih baik ambil kredit mobil baru saja. Walaupun harganya jauh lebih mahal, Anda tidak akan berurusan dengan kondisi mobil bermasalah setelah lunas beli. Untungnya, kejadian seperti ini sudah tidak dialami lagi dan ketersediaan mobil bekas kondisi bagus banyak tersedia.

Layanan Dealer Menarik

Banyak dealer menawarkan layanan menarik seputar kredit mobil baru. Biasanya ada layanan tukar tambah dan bantuan kredit. Jadi Anda menjual mobil bekas Anda yang kondisinya masih bagus dan memilih upgrade mobil baru. Layanan seperti ini tentu menarik banyak orang untuk coba ambil kredit demi mobil baru yang lebih murah.

Di sisi lain, dealer juga ada yang mendukung penjualan mobil – mobil bekas secara mudah. Anda diringankan biaya asuransi dan bahkan dapat cashback setiap cicilan mobil bekas ini. Jika ada layanan special ini, tidak heran orang – orang akan pilih kredit mobil yang bekas. 

Kemudahan Mengambil Pilihan Kredit

Kredit mobil baru umumnya sama prosesnya dengan kredit mobil yang bekas. Namun, tergantung dari layanan kredit di pihak tertentu, prosesnya bisa lebih sulit. Kredit di bank seputar mobil baru umumnya lebih restriktif dibandingkan kredit menggunakan badan pegadaian misalnya. Tergantung aturan yang berlaku dari pihak kredit, seseorang bisa memilih untuk ambil kredit mobil second dibandingkan yang baru.

Faktor – faktor pertimbangan di atas adalah yang paling besar pengaruhi seseorang ambil kredit mobil bekas atau baru. Untuk Anda ingin tidak ingin salah pilih dalam membeli mobil, pertimbangkan dulu hal – hal di atas sebelum memutuskan belanja kendaraan ini. Semoga artikel ini membantu dan dapat mengarahkan Anda ke pilihan kredit yang tepat!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.