Sat. Apr 20th, 2024
Ilustrasi seorang pria sedang menghitung kenuntungan investasi deposito paling menguntungkan

Sebelum melakukan deposito sebaiknya Anda juga tahu dulu nih jenis-jenisnya. Pasalnya dalam suatu bank kerap kali memberikan beberapa pilihan jenis deposito. Jika Anda belum tahu apa saja jenis dari deposito. Maka penjelasan tentang jenis dari deposito di bawah ini akan membantumu untuk memilih deposito paling menguntungkan.

Deposito Berjangka

Jenis dari deposito yang pertama adalah deposito berjangka. Bisa dibilang juga jika jenis deposito ini memang paling kerap digunakan oleh kebanyakan orang. Jika dilihat dari artinya maka deposito berjangka merupakan salah satu bentuk tabungan yang dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan sebelumnya.

Secara umum jangkauan waktu deposito berjangka adalah mulai dari 1, 2, 3, 5, 12, 18 hingga 24 bulan. Dengan kesepakatan tersebut membuat nasabah yang melakukan deposito berjangka hanya bisa melakukan pengambilan dana sesuai dengan waktu yang telah disepakati sebelumnya.

Selain itu deposito berjangka juga bisa dilakukan atas nama maupun atas nama lembaga. Nantinya pihak bank tetap akan memberikan sebuah bunga pada tabungan deposito nasabah. Dibandingkan dengan jenis tabungan biasa. Bunga  deposito berjangka terbilang lebih tinggi.

Sertifikat Deposito

Jenis deposito yang kedua adalah sertifikat deposito.  Dalam sertifikat deposito ini nantinya tidak mengacu pada nama lembaga maupun perorangan. Hal ini dilakukan karena sertifikat deposito nantinya bisa dilakukan pemindahtanganan maupun diperjualbelikan pada pihak lain.

Sertifikat deposito juga memiliki jangkauan waktu tertentu yang ditawarkan oleh pihak bank kepada pihak nasabah. Secara umum waktu dalam proses sertifikat deposito ini adalah 3, 6 maupun 12 bulan. Tentunya proses tabungan ini juga disertai dengan sertifikat yang diajukan.

Menariknya proses pencarian dana bisa dilakukan setiap bulan maupun pada waktu jatuh tempo.

Deposito One Call

Mungkin beberapa dari Anda tidak kerap mendengar deposito jenis one call. Namun saat ini deposito one call memang sudah begitu lelah digunakan. Bahkan jangkauan waktunya juga tak selama dua jenis dari deposito yang telah dijelaskan sebelumnya.

Secara umum jangkauan waktu yang diberlakukan adalah satu minggu hingga satu bulan lamanya. Proses pencairan bunga bisa dilakukan bersama dengan pencarian dana. Namun pihak nasabah juga wajib melakukan pemberitahuan kepada pihak bank sebelum pengambilan dan sebelum jatuh tempo.

Nah itulah beberapa jenis deposito paling menguntungkan yang kerap digunakan di bank-bank tertentu.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.