Sat. May 28th, 2022
Seorang calon nasabah sedang dijelaskan tentang prosedur pengajuan kredit ke bank

Sebagai seorang nasabah tentu saja sangat mengenal apa yang disebut dengan suku bunga bank. Tetapi jangan salah mungkin masih ada beberapa masyarakat yang belum mengenal mengenai hal ini. Secara sederhana, suku bunga bank merupakan sebuah balas jasa yang diberikan oleh pihak bank kepada para nasabahnya. Bunga di sini diartikan sebagai buah harga yang harus dibayar bank kepada nasabahnya yang mempunyai simpanan pada bank tersebut, hal ini perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk mengetahui prosedur pengajuan kredit ke bank.

Mengenal Jenis Suku Bunga Bank

Setelah paham mengenai apa yang dimaksud dengan suku bunga bank maka selanjutnya Anda perlu memahami mengenai jenisnya. Ada berbagai macam jenis bunga bank yang diterapkan pada setiap bank yang ada di Indonesia. Berikut ini adalah penjelasannya yaitu:

  1. Suku bunga tetap

Suku bunga tetap merupakan jenis bunga bank yang bersifat tetap dan tidak akan berubah sampai jangka waktu tertentu. Misalnya saja, bunga pada KPR rumah murah atau bersubsidi. Selain itu, jenis suku bunga ini juga digunakan dalam kredit kendaraan bermotor.

  1. Suku bunga mengambang

Suku bunga mengambang adalah sebuah suku bunga yang bisa berubah. Perubahan tersebut mengikuti suku bunga yang ada di pasaran. Apabila di pasaran suku bunga naik maka juga akan ikut naik begitu pula sebaliknya. Contohnya saja, suku bunga pada KPR untuk periode tertentu. Apabila untuk 2 tahun pertama diperlakukan suhu tetap maka periode selanjutnya akan diberlakukan suku bunga mengambang.

  1. Suku bunga flat

Suku bunga flat merupakan sebuah suku bunga yang dihitung berdasarkan jumlah pokok pinjaman pada awal setiap periode cicilan. Perhitungan yang digunakan cukup sederhana dibandingkan dengan jenis yang lainnya sehingga banyak digunakan dalam kredit pendek. Ini juga digunakan untuk kredit berbagai macam barang seperti handphone peralatan rumah tangga dan kredit tanpa agunan.

Simulasi dari suku bunga bank ini adalah bank memberikan kredit dalam jangka waktu 10 bulan sebesar 15 juta dengan Bunga 10% per tahunnya. Asumsi jika suku bunga kredit tersebut tidak berubah selama jangka waktu.

  1. Suku bunga efektif

Suku bunga ini merupakan sebuah bunga yang diperhitungkan dari sisa jumlah pokok pinjaman setiap bulannya seiring dengan penyusutan utang yang sudah dibayarkan. Ini artinya semakin sedikit pokok pinjaman maka semakin besar suku bunga yang harus  dibayarkan. Jenis bunga ini sangat efektif untuk di nasabah dibandingkan dengan menggunakan suku bunga flat. Ini karena suku bunga flat hanya berdasarkan jumlah awal pokok pinjaman saja.

Itulah tadi beberapa pengertian mengenai suku bunga bank dan jenisnya. Ini perlu dipahami sebelum Anda memutuskan untuk memutuskan untuk cek prosedur pengajuan kredit ke bank. Pilihlah pinjaman dengan suku bunga yang sesuai dengan kemampuan. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.