Sat. May 28th, 2022
cara kredit motor online

Bagi sebagian orang, terutama umat islam yang beriman, sebelum kredit motor atau menentukan cara kredit motor online pasti memikirkan perkara riba. Perkara ini memang sering menjadi kontroversi dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam penjualan dan pembelian. Riba diartikan sebagai tambahan khusus yang diberikan sebagai imbalan atas balas jasa atau pinjaman yang diberikan. Berikut ini solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketakutan tersebut:

Kredit Motor Syariah

Salah satu cara untuk mengakses produk kredit motor syariah adalah melalui lembaga keuangan syariah yaitu Bank Syariah, dengan mekanisme akad murabahah. Akad murabahah bisa terjadi apabila transaksi jual beli memiliki margin keuntungan yang disepakati oleh kedua belah pihak. Nasabah Bank Syariah akan membayar harga pokok ditambah margin motor tersebut dengan cara cicil. Hal ini sangat menarik dan nasabah tidak kesulitan untuk membeli motor dengan cara kredit.

Kredit motor tanpa riba tidak mengenal istilah bunga tetap, apalagi bunga mengambang yang penuh dengan ketidakpastian. Keuntungan yang didapatkan oleh lembaga keuangan syariah bersifat tetap nilainya dan ditentukan saat awal perjanjian dengan debitur.

Cara kredit motor online secara kredit syariah tidak memungut biaya-biaya tambahan seperti denda keterlambatan angsuran dan semacamnya. Namun apabila ada keterlambatan pembayaran cicilan akan diminta sejumlah uang untuk disalurkan kepada lembaga sosial yang telah ditunjuk sebelumnya, dan tidak sedikitpun uang tersebut masuk dan menjadi keuntungan bagi lembaga kredit syariah tersebut.

Tips Kredit Motor Syariah

Syarat untuk kredit motor di lembaga keuangan syariah hampir sama dengan syarat di lembaga konvensional pada umumnya. Berkas dan dokumen yang perlu disiapkan tergantung kebijakan lembaga keuangan syariah masing-masing. Berikut ini beberapa tips untuk kredit motor syariah tanpa riba:

  1. Pastikan lembaga keuangan syariah diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah MUI

Sebelumnya kamu harus mengetahui kinerja lembaga keuangan syariah dan memastikan bahwa lembaga tersebut amanah. Ini menjadi poin utama sebelum kamu memutuskan untuk menjadi nasabah suatu lembaga keuangan syariah. Kamu bisa mencari informasi terkait lembaga tersebut melalui website resmi maupun review dari internet.

  1. Memiliki sifat amanah

Sifat amanah harus dimiliki apabila ingin dipercaya oleh orang lain. Kamu harus membayar angsuran cicilan motor tersebut tepat pada waktunya.

  1. Sesuai kebutuhan dan kemampuan

Pikirkan dengan matang apakah kamu memang benar-benar butuh motor atau hanya menuruti keinginan saja. Jika dirasa penghasilan kamu belum cukup, maka jangan membebani dirimu dengan cara kredit motor online ini. Selain meminta saran dan pendapat anggota keluarga, kamu juga bisa mendiskusikan hal ini dengan orang yang kamu percaya

Sekian penjelasan mengenai solusi kredit motor syariah. Tentu ini bisa menjadi alternatif menghindari riba yang hukumnya haram bagi umat muslim. Semoga memberikan sisi positif yang bisa diambil hikmahnya. Semoga bermanfaat.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.