Thu. Mar 28th, 2024
atap rumah

Seperti yang sudah diketahui bahwa atap merupakan salah satu elemen penting pada sebuah rumah, bangunan bahkan hunian. Selain material berupa genteng dan tanah liat, atap bangunan merupakan salah satu hal yang cukup populer dan saat ini yang cukup rame untuk digunakan yaitu atap seng spandek. Berikut ini merupakan ulasan mengenai spandek.

Pengertian sebuah atap spandek

Ketika Anda menggunakan atap seng spandek sebagai material bangunan, maka Anda akan menemukan harga yang cukup terjangkau. Karena bahan dari spandek ini terbuat dari hasil campuran aluminium dan seng. Selain itu, ada juga yang terbuat dari silikon. Dari beberapa percampuran tersebut, maka terbentuklah material atap yang bersifat kokoh, ringan dan cukup mudah untuk dibentuk.

Spesifikasi dari atap spandek

Hal ini sesuai dengan bahan yang digunakan untuk membentuknya, atap seng spandek ini juga menjadi salah satu pilihan yang menjadi alternatif saat digunakan pada atap bangunan. Selain kokoh dan ringan, spandek ini juga cukup mudah untuk di cat. Di pasaran yang beredar, material atap jenis ini juga memiliki banyak pilihan dengan berbagai ketebalan yang berbeda, Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan. Seng spandek yang digunakan untuk atap ini, biasanya memiliki ukuran dengan kisaran 0,3 hingga 0,5 mm. Menggunakan atap spandek ini juga menjadi salah satu material atap yang cukup awet, karena hal ini dapat diperkirakan saat Anda menggunakan material jenis ini maka umumnya akan dapat bertahan kurang lebih 20 tahun.

Fungsi atap spandek

Atap yang menggunakan seng spandek ini merupakan salah satu material yang dinilai sangat multifungsi.  Tidak hanya sering digunakan sebagai suatu pilihan material atap. Spandek juga sering kali dimanfaatkan untuk dinding atau sekat yang digunakan pada berbagai bangunan fungsional, seperti dinding yang digunakan pada gudang atau pabrik. Sekat antar ruang ini biasanya juga tidak terlalu mementingkan estetika atau lainnya, karena pemanfaatan dari spandek ini yaitu dapat juga diaplikasikan sebagai canopi, atap ruko dan carport. Dengan begitu, spandek ini cukup berguna dalam material bangunan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.