Sat. Apr 20th, 2024
genteng metal berpasir

Ketika memilih material yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah, pasti Anda akan memilih bahan terbaik dengan berbagai keunggulan. Hal itu tentu juga berlaku ketika memilih jenis genteng, salah satunya adalah genteng metal berpasir yang banyak digunakan. Yuk cari tahu kelebihan dari genteng metal berpasir yang membuat banyak orang menjadikannya atap pada bangunan baru mereka.

Keunggulan Genteng Metal Berpasir

  1. Tahan Lama

Genteng metal terbuat dari bahan yang memiliki kekuatan dan daya tahan lama seperti tembaga, seng, aluminium, stainless, baja, titanium, dan lain-lain. Apapun jenis genteng metal pilihan Anda, apabila dipasang dan dirawat secara benar dapat bertahan lama hingga puluhan atau ratusan tahun.

Selain itu, beberapa jenis genteng metal juga memiliki keunggulan seperti anti karat, tahan panas, mampu meredam suara, hingga tahan dari rayap yang dapat membuatnya mudah lapuk.

  1. Harga Terjangkau

Ada harga, ada kualitas, sepertinya cocok untuk menggambarkan genteng metal. Harga genteng metal berbeda-beda tergantung pada model atau jenis, ukuran genteng metal, ketebalan, warna, dan lain-lain. Harga jual genteng metal di pasaran berkisar antara Rp.25.000 hingga Rp. 110.000 per lembar.

  1. Ramah Lingkungan

Hampir 60% material yang digunakan untuk pembuatan genteng metal adalah bahan daur yang memanfaatkan energi efisien. Disebut genteng ramah lingkungan karena apabila genteng metal rusak, masih dapat didaur ulang untuk membuat genteng baru atau dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.

  1. Ringan

Genteng yang satu ini juga sering disebut sebagai genteng metal minimalis karena memiliki bobot yang ringan jika dibandingkan jenis atap pada umumnya yang berbahan dasar tanah liat atau beton. Tentu hal ini menjadi keunggulan yang patut dipertimbangkan bagi bangunan baru Anda. Satu lembar genteng metal berukuran 1 m2 rata-rata hanya memiliki berat 7 kg. 

  1. Genteng Metal Punya Banyak Variasi Warna

Keunggulan lain yang ditawarkan genteng metal adalah memiliki banyak variasi warna dan model. Sehingga customer atau konsumen dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing. Hal ini tentu dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mempercantik tampilan rumah baru.

  1. Mudah Dipasang

Genteng metal berpasir dijual dalam bentuk lembaran yang telah dilengkapi dengan pengait semacam sekrup. Sehingga pemasangannya pun dapat dengan cepat dan mudah dilakukan. Anda hanya perlu membentangkan lembarang genteng pada posisi yang diinginkan, kemudian kencangkan masing-masing sekrup.

Walaupun terlihat simpel, tapi Anda harus sering-sering mengecek masing-masing pengait atau sekrup agar tidak bergeser atau bahkan jatuh.

Tips Memilih Genteng Metal Terbaik

  1. Tentukan Tujuan

Tujuan atau kegunaan dari bangunan Anda tentu sudah terpikirkan, sehingga bisa menentukan jenis atap apa yang cocok. Apakah untuk bangunan rumah, pabrik, dan lain-lain.

  1. Jenis Genteng

Sebelum Anda membeli genteng metal, bertanyalah terlebih dahulu kepada penjual material bangunan tentang karakteristik masing-masing pilihan jenis genteng metal yang tersedia. Selain itu, Anda juga dapat sedikit berkonsultasi tentang jenis apa yang cocok dengan kebutuhan Anda.

  1. Warna Genteng

Apabila salah satu tujuan Anda memilih genteng metal adalah untuk keindahan, maka tips selanjutnya adalah pilih warna genteng yang sesuai selera atau tema bangunan Anda.

Itulah pemaparan singkat terkait keunggulan dan tips memilih genteng metal yang dapat Anda pertimbangkan sebelum membeli. Semoga bermanfaat.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.